S I L A B U S
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Tanjung
Kelas/Semester :
XII/1
Tahun
Pelajaran : 2023/2024
Alokasi
Waktu : 64 x 45 menit
Kompetnsi
inti
1. Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab,
responsif, dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di
lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa,
negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri,serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metode sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi
Dasar |
Materi
Pokok |
Pembelajaran |
IPK |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
3.1 Mengidentifikasi isi dan sistematika
surat lamaran pekerjaan yang dibaca |
Surat Lamaran Pekerjaan: · identifikasi surat · Isi · Sistematika · Bahasa · Lampiran · Kalimat efektif. |
· Mendata sistematika dan isi surat lamaran pekerjaan · Menyimpulkan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran
pekerjaan · mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi sistematika dan
unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan. |
3.1.1.
Mendata isi dan sistematika dalam surat lamaran pekerjaan 3.1.2.
Menemukan hal-hal penting dalam surat lamaran pekerjaan |
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja) |
8
x 45’ |
· Suherli,
dkk. 2018. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XII
Revisi Tahun 2018. Jakarta: Pusat
Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. · Suherli,
dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XII Revisi Tahun 2018. Jakarta: Pusat Kurikulum dan
Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. ·
Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam
Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya ·
Internet ·
Alam sekitar dan
sumber lain yang relevan |
4.1 Menyajikan simpulan sistematika dan
unsur-unsur isi surat lamaran baik secara lisan maupun tulis |
4.1.1.
Menyimpulkan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan. 4.1.2.
Mempresentasikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan. |
Produk, Praktik (Penilaian Praktik) |
||||
3.2 Mengidentifikasi unsur kebahasaan surat
lamaran pekerjaan |
Surat Lamaran Pekerjaan: · unsur kebahasaan; · penulisan EYD; dan · daftar riwayat hidup. |
· Mendata ciri kebahasaan surat lamaran pekerjaan · Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi,
sistematika, dan kebahasaan. · Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi surat lamaran
pekerjaan yang telah disusun |
3.2.1.
Menentukan unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan 3.2.2.
Membandingkan unsur kebahasaan yang terdapat
pada surat lamaran pekerjaan. |
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja) |
8 x 45’ |
|
4.2 Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan
memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan |
4.2.1.
Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan
memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan. 4.2.2. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi surat lamaran
pekerjaan yang telah disusun |
Produk, Praktik
(Penilaian Praktik) |
||||
3.3 Mengidentifikasi informasi, yang
mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan
resolusi, dalam cerita sejarah lisan atau tulis |
Teks cerita (novel) sejarah · struktur teks cerita sejarah; · isi teks cerita sejarah; · nilai-nilai cerita (novel) sejarah; dan · kebahasaan teks cerita sejarah. |
· Mendata struktur (orientasi, rangkaian kejadian yang saling
berkaitan, komplikasi dan resolusi), nilai-nilai, hal-hal yang menarikdalam
cerita (novel) sejarah. · Menyusun kembali nilai-nilai dari cerita (novel) sejarah ke
dalam teks eksplanasi · Mempresentasikan, menanggapi, merevisi teks eksplanasi yang
disusun |
3.3.1.
Mendata informasi penting dalam novel sejarah 3.3.2.
Menentukan struktur teks novel sejarah. 3.3.3.
Membandingkan novel sejarah dengan teks
sejarah |
Tes tertulis
(uraian), Penugasan (Lembar kerja) |
8 x 45’ |
|
4.3 Mengonstruksi nilai-nilai dari informasi
cerita sejarah dalam sebuah teks eksplanasi |
4.3.1.
Menuliskan kembali nilai-nilai dalam novel
sejarah 4.3.2.
Menyajikan nilai novel sejarah ke dalam sebuah teks eksplanasi. 4.3.3. Mempresentasikan, menanggapi, merevisi teks eksplanasi yang
disusun |
Produk, Praktik |
||||
3.4 Menganalisis kebahasaan cerita atau
novel sejarah |
Teks cerita (novel) sejarah · kebahasaan cerita (novel)
sejarah; · unsur-unsur cerita; · topik; dan · kerangka karangan. |
· Mendata kebahasaan dan
unsur-unsur cerita sejarah yang
tersaji · Menyusun teks cerita (novel) sejarah pribadi · Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi teks cerita (novel) sejarah yang telah ditulis |
3.4.1.
Menemukan unsur
kebahasaan yang ada dalam novel sejarah 3.4.2.
Menunjukkan unsur kebahasaan yang sering
digunakan dalam novel sejarah |
Tes tertulis
(uraian), Penugasan (Lembar kerja) |
12 x 45’ |
|
4.4 Menulis cerita sejarah pribadi dengan memerhatikan
kebahasaan |
4.4.1. Menentukan topik sebagai dasar penyusunan kerangka
novel sejarah 4.4.2. Mengembangkan kerangka menjadi novel
sejarah yang utuh. 4.4.3. Mempresentasikan,
mengomentari, dan merevisi teks cerita
(novel) sejarah yang telah ditulis |
Produk, Praktik |
||||
3.5 Mengidentifikasi informasi (pendapat,
alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam teks editorial |
Teks Editorial: · isi teks editorial; · pendapat; · ragam informasi; dan · simpulan. |
· Menemukan pendapat, alternatif solusi, dan simpulan,
informasi-informasi penting, dan ragam informasi sebagai bahan teks editorial · Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi informasi berupa
pendapat, alternatif solusi, dan simpulan, informasi-informasi penting, dan
ragam informasi sebagai bahan teks editorial. |
3.5.1.
Mengidentifikasi isi dalam teks editorial. 3.5.2.
Membedakan fakta dan opini dalam teks editorial |
Tes tertulis
(uraian), Penugasan (Lembar kerja) |
8 x 45’
|
|
4.5 Menyeleksi ragam informasi sebagai bahan
teks editorial baik secara lisan maupun tulis |
4.5.1.
Menentukan isu aktual dari berbagai media informasi (cetak,
elektronik, maupun internet) 4.5.2.
Menuliskan pendapat terhadap isu aktual
dilengkapi argumen pendukung (data dan alasan logis). 4.5.3. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi informasi berupa
pendapat, alternatif solusi, dan simpulan, informasi-informasi penting, dan
ragam informasi sebagai bahan teks editorial. |
Produk, Praktik |
||||
3.6 Menganalisis struktur dan kebahasaan
teks editorial |
Teks Editorial: · struktur; · unsur kebahasaan; · topik; dan · kerangka karangan. |
· Menentukan struktur dan unsur kebahasaan dalam teks editorial · Menyusun teks editorial
yang sesuai topik, struktur, dan
kebahasaan · Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi topik, kerangka,
stuktur, unsur kebahasaan, dan teks editorial yang telah disusun |
3.6.1.
Menentukan
struktur dalam
teks editorial 3.6.2.
Menentukan unsur kebahasaan dalam
teks editorial |
· Tes
tertulis (Uraian) · Penugasan
(Lembar Keja) |
12 x 45’ |
|
4.6 Merancang teks editorial dengan
memerhatikan struktur dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis |
4.6.1. Menyusun
argumen atau pendapat terhadap isu aktual 4.6.2. Menyusun saran (rekomendasi) terhadap
isu aktual 4.6.3. Menulis teks editorial dengan
memerhatikan struktur dan kaidah kebahasaan 4.6.4. Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi topik, kerangka, stuktur, unsur kebahasaan, dan teks
editorial yang telah disusun |
Praktik |
||||
3.7. Menilai
isi dua buku fiksi (kumpulan cerita pendek atau kumpulan puisi) dan satu buku
pengayaan (nonfiksi) yang dibaca |
Buku Pengayaan: Laporan Hasil Membaca Buku · nilai-nilai dalam novel (agama, sosial, budya, moral, dll); · kaitan nilai dalam novel dengan kehidupan; · amanat dalam novel; dan · laporan hasil membaca buku. |
Laporan Hasil Membaca Buku · Menyusun Laporan buku fiksi yang dibaca. · Mempresentasikanlaporan yang ditulisnya di depan kelas. · Menanggapi laporan yang dipresentasikan |
3.7.1.
Menentukan kelebihan dan kekurangan buku kumpulan cerpen atau kumpulan
puisi (fiksi) yang dibaca 3.7.2.
Menentukan kelebihan dan kekurangan buku nonfiksi yang dibaca |
· Tes
tertulis (Uraian) · Penugasan
(Lembar Kerja) |
8 x 45’ |
|
4.7. Menyusun
laporan hasil diskusi buku tentang satu topik baik secara lisan maupun tulis |
4.7.1.
Menyusun laporan hasil diskusi buku baik
lisan maupun tulis 4.7.2.
Mempresentasikan laporan yang
ditulisnya di depan kelas. 4.7.3.
Menanggapi
laporan yang dipresentasikan. |
Praktik |
Tanjung, 10 Juli 2023/2024
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru
Bahasa Indonesia,
Fatmawati, S.Ag, M.M. Hj.
Maria Ulfa, S.Pd, M.Pd
NIP 197605022007012023 NIP 197107191997022006
Comments
Post a Comment