MATERI BAB III KECERDASAN BUATAN/ AI
Tujuan Pembelajaran :
Pembelajaran 1 : Menyelisik Ide Pokok dan Ide Pendukung dalam Teks Teknologi
11.3.1. Memahami ide pokok dari ide pendukung pada sebuah teks yang panjang dengan topik baru melalui pemahaman terhadap struktur dan hubungan dari bagian-bagian pada teks tersebut.
Pertanyaan pemantik sebagai berikut.
a. Apakah kalian dapat menemukan ide pokok dan ide pendukung dalam teks yang panjang?
b. Bagaimana cara kalian mengajukan hipotesis (dugaan) atas permasalahan yang terjadi berdasarkan informasi yang kalian terima?
c. Bagaimana cara kalian menanggapi suatu topik menarik di dalam diskusi?
d. Pernahkah kalian mengelaborasi perasaan untuk memahami terjadinya suatu masalah?
Materi Pembelajaran
a. Membaca Ide
Membaca ide adalah sejenis kegiatan membaca yang ingin mencari, memperoleh,
serta memanfaatkan ide-ide yang terdapat pada bacaan.
Agar kita dapat mencari, menemukan, serta mendapat keuntungan dari ide-ide yang terkandung dalam bacaan, maka kita harus berusaha membuat diri kita menjadi pembaca yang baik.
Syarat pertama bagi setiap pembaca yang baik adalah bahwa ia harus tahu dan sadar mengapa dia membaca. Setidaknya mengetahui tujuan membaca, yakni untuk memperoleh informasi dan menikmati bacaan.
Selain itu, pembaca yang baik benar-benar memahami apa yang dibacanya. Untuk mencapai hal itu diperlukan perhatian atau konsentrasi yang erat sekali berhubungan dengan maksud.
b. Ide pokok dan ide pendukung
Ide pokok adalah suatu gagasan yang mendasari terbentuknya sebuah kalimat atau paragraf (Purwandari, 2015). Ide pokok biasanya diperuntukkan untuk menyusun paragraf, namun sebenarnya ide pokok juga membentuk suatu kalimat.
Menurut Arifin dan Tasai (2010: 116) ide pokok atau topik adalah pikiran pokok dalam suatu paragraf. Dalam suatu paragraf atau kalimat, ide pokok menjadi pusat atau topik pembicaraan. Istilah lain yang digunakan untuk menyebut ide pokok adalah gagasan pokok atau gagasan utama yang melandasi sebuah paragraf bacaan.
Dalam sebuah paragraf hanya akan ada satu ide pokok yang terkandung dalam kalimat utama dalam paragraf tersebut.
Letak ide pokok biasanya terdapat di awal paragraf (deduktif) atau di akhir paragraf (induktif), tetapi ada juga yang terletak di tengah paragraf.
Ide pokok memiliki ciri:
1) Berupa kalimat umum,
2) Memuat topik atau inti permasalahan yang dimungkinkan untuk dijelaskan lebih detail,
3) Hanya ada satu gagasan pokok dalam setiap paragraf,
4) Ide pokok terdapat dalam kalimat utama yang dapat berdiri sendiri,
5) Ide pokok umumnya terdapat dalam kalimat dengan unsur lengkap tanpa konjungsi, tetapi tidak menutup kemungkinan ide pokok tersirat dalam kalimat panjang.
Sementara itu, ide pendukung berfungsi sebagai penjelas dari ide pokok yang memberikan penjelasan secara lebih terperinci dengan tetap memperhatikan efektivitas, kepaduan, dan kesatuan.
Ide pendukung memiliki ciri :
1) Berupa kalimat khusus atau spesifik.,
2) Memuat penjabaran dari ide pokok,
3) Ide pendukung lebih dari satu dalam satu paragraf,
4) Kalimat yang memuat ide pendukung berupa pernyataan, uraian, data, rangkaian peristiwa, contoh, atau banyak mengandung keterangan,
5) Kalimat ide pendukung tidak dapat berdiri sendiri karena berkaitan dengan ide pokok,
6) Kalimat ide pendukung banyak menggunakan konjungsi antar kalimat,
7) Ide pendukung bisa terletak di mana saja bergantung letak kalimat yang mengandung ide pokok.
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
Pembelajaran 1 : A. Menyelisik Ide Pokok dan Ide Pendukung dalam Teks Teknologi
Nama Siswa : ………………..
Kelas : ………………..
Petunjuk!
Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan artikel “Mengenal Kecerdasan Buatan”.
1. Sebutkanlah dalam satu kalimat tentang ide pokok artikel “Mengenal Kecerdasan Buatan”!
2. Sebutkanlah ide pendukung apa saja yang terdapat pada artikel “Mengenal Kecerdasan Buatan”!
3. Apa saja hal menarik menurut kalian dari isi artikel “Mengenal Kecerdasan Buatan”?
4. Carilah sebuah buku bacaan nonfiksi. Isilah tabel berikut ini dengan mencermati bagian-bagian buku dan isi buku.
Tabel 3.2 Informasi Buku Nonfiksi
Judul Buku |
|
Penulis |
|
Penerbit |
|
Tahun Terbit |
|
Ringkasan Isi Buku |
|
Ide Pokok |
|
Ide Pendukung |
|
Hal yang Menarik dari Buku |
|
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
Pembelajaran 2 : B. Mengajukan Hipotesis Berdasarkan Informasi
Nama Siswa : ………………..
Kelas : ………………..
Petunjuk!
Kalian dapat memunculkan hipotesis sendiri terkait dengan teks yang telah dibaca untuk mengembangkan kategori pembahasan tentang kecerdasan buatan. Contohnya, kalian dapat membahas satu topik khusus tentang mobil otonom yang menggantikan pekerjaan sopir pada masa depan.
1. Bentuk kelompok diskusi atau bergabung dengan kelompok kalian yang sudah ada.
2. Topik diskusi adalah “Pekerjaan yang Mungkin Digantikan Robot pada Masa Depan”. Tentukanlah subtopik diskusi berupa satu pekerjaan masa depan yang digantikan robot selain pekerjaan yang terdapat pada Gambar 3.2 Subtopik ini merupakan sebuah hipotesis.
3. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini untuk memandu pembuktian hipotesis kalian!
a. Apa alasan pekerjaan tersebut dapat digantikan robot pada masa depan?
b. Adakah bukti atau fakta ilmiah yang menunjukkan hipotesis kalian telah diteliti dan diwujudkan dalam bentuk prototipe atau purwarupa robot?
4. Buatlah presentasi berdasarkan hasil diskusi kelompok dan hipotesis yang kalian akan kemukakan. Presentasi dibuat dalam bentuk salindia menggunakan aplikasi pembuat salindia presentasi dengan materi berikut.
Comments
Post a Comment